Nabi SAW. Tidak Memerangi Suatu Kaum Sebelum Menyerunya  Kepada Agama Allah

ABDUL Razak meriwayatkan beserta sanadnya dari Ibnu Abbas RA., ia berkata Rasulullah SAW. tidak pernah memerangi suatu kaum sebelum berdakwah kepada mereka.

Demikian pula diriwayatkan oleh Al Hakim dalam kitab Al-Mustadrak, ia berkata bahwa ini adalah hadits yang sanadnya shahih, namun Bukhari dan Muslim Tidak meriwayatkannya beserta sanadnya dalam Kitab Shahih mereka.

Diriwayatkan pula oleh Ahmad dalam musnadnya dan Thabrani dalam Mu’jamnya. [Demikian dalam Kitab Nashbur-Rayah (2/278)], [Haitsami (5/304), berkata: Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Ya’la dan Thabrani dengan beberapa sanad. Para rawi dalam salah satu sanad tersebut adalah perawi Kitab Shahih].

Diriwayatkan pula beserta sanadnya oleh Ibnu Hajar, sebagaimana dalam Kitab Kanzul Ummal (2/298), juga oleh Baihaqi dalam sunan-nya (9/107).

Perintah Nabi SAW. Kepada Pasukan, Mencari Simpati dan Berdakwah kepada Mereka

IBNU mandah dan Ibnu asakir meriwayatkan beserta sanadnya dari Abdurrahman bin A’idz RA., ia berkata apabila Rasulullah SAW. mengirim suatu pasukan, Beliau bersabda : “Berusahalah kalian untuk mendapatkan simpati dari orang-orang dan jangan menyerang mereka sebelum kalian berdakwah kepada mereka.

Jika kalian membawa kepadaku semua orang yang berada di muka bumi baik yang menempati rumah batu bata ataupun bulu dalam keadaan muslim, hal itu lebih baik aku sukai daripada kalian datang kepadaku dengan membawa para wanita serta anak-anak mereka dan kalian bunuh kaum laki-laki mereka.” Demikian dalam Kitab Kanzul Umal (2/294).

Diriwayatkan pula beserta sanadnya oleh Ibnu Syahin dan Baghawi sebagaimana dalam Kitab Al Ishoba (3/152), juga oleh Tirmizi (1/185).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *