Muhammad SAW. Sang Nabi (16)

Nabi Muhammad SAW. Mengabarkan Kesyahidan Umar dan Usman

DALAM sebuah hadis shahih disebutkan bahwa Nabi SAW. pernah mendaki Gunung Uhud bersama Abu Bakar, Umar, dan Usman. Tiba-tiba gunung tersebut bergetar dan Beliau bersabda : “Diamlah Uhud. Diatasmu tak lain adalah seorang nabi, orang jujur dan dua orang syahid.” (HR. Bukhari).

Baca tulisan sebelumnya : Muhammad SAW. Sang Nabi (15)

Orang jujur adalah Abu Bakar Siddiq sedangkan dua orang syahid adalah Umar dan Usman. Nabi SAW. juga pernah mengabarkan kepada para sahabatnya bahwa Ali akan menaklukkan Khaibar.

Nabi SAW. pernah mengabarkan bahwa cucunya Al Hasan putra Ali dan Fathimah adalah seorang yang akan mendamaikan dua golongan besar umat muslim. Kabar itu pun terjadi. Beliau pernah mengabarkan bahwa Khilafah setelah dirinya adalah 30 tahun. Kabar itu pun terjadi. Hadits-hadits yang menyebutkan semua itu adalah shahih.

Penaklukan Mekkah dan Penyebaran Islam di Masa Rasulullah SAW.

Dalam kondisi krisis, bersama sejumlah orang-orang lemah di Mekkah Nabi SAW. mengabarkan bahwa Allah SWT. akan memenangkannya dan menyebarkan agamanya di muka bumi. Khabab bin al-Arat pernah melaporkan bahwa kaum musyrik telah menyakitinya dan saudaranya.

Lalu Nabi bersabda dengan optimis, sembari duduk di dekat Ka’bah : “Demi Allah, urusan ini pasti akan selesai, hingga seorang musafir menempuh perjalanan dari Shan’a ke Hadramaut tanpa merasa takut kecuali kepada Allah SWT. Tidak pula takut kambingnya akan diterkam oleh serigala. Akan tetapi, kalian tergesa-gesa.” (HR. Bukhari).

Saya dan jutaan orang lainnya bersaksi bahwa hal tersebut terjadi, seperti yang Nabi SAW. kabarkan. Meskipun pada masa awal-awal dakwahnya kaum musyrik kerap mendesak dan memusuhinya.

Beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT. mengumpulkan bumi untukku, sehingga aku dapat melihat penjuru timur dan penjuru baratnya. Sesungguhnya kekuasaan umatku dan akan mencapai kekuasaan bumi yang dikumpulkan tadi. Aku diberi dua harta karun merah dan putih.” (HR. Muslim).

Demi zat yang jiwa saya berada dalam genggaman-Nya, saya telah pergi ke timur dan barat, ternyata para pengikut dan pencinta Nabi SAW. berjumlah ratusan juta orang. Agamanya telah menaungi seluruh bumi berikut isinya.

Menaklukkan Jazirah Arab, Persia dan Romawi

Nabi pernah mengabarkan penaklukan ini kepada para sahabatnya : “Kalian akan memerangi Jazirah Arab, hingga Allah SWT. menaklukkannya. Lalu Persia, hingga Allah SWT. menaklukkannya. Kemudian kalian akan memerangi Romawi, sehingga Allah menaklukkannya.” (HR. Muslim)

Hal tersebut pun terjadi. Negeri-negeri tersebut berhasil ditaklukkan sehingga para sahabat memasukinya, termasuk kaum muslim yang datang setelah mereka. Akhirnya, berdirilah peradaban Islam di sana yang diakui oleh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *