Muhammad SAW. Sang Nabi (12)

Kesempurnaan Nabi Muhammad SAW. Adalah Bukti Kenabiannya

Dalam diri setiap orang besar, orang jenius, pemimpin, atau penemu, pasti ada sisi positif dan sisi negatif, ada kelebihan dan ada kekurangan. Ini adalah tabiat manusia, anda mungkin saja menemukan seseorang yang alim, tapi tidak dermawan atau seseorang yang dermawan tapi tidak santun, atau seseorang yang santun, tapi tidak pemberani, atau seseorang yang adil tapi tidak rendah hati dan lain sebagainya.

Baca tulisan sebelumnya : Muhammad SAW. Sang Nabi (11)

Adapun Rasulullah SAW. pada dirinya Allah SWT. telah meletakkan segala bentuk kebaikan yang paling baik, serta segala bentuk keindahan yang paling indah. Beliau tidak sekedar jujur, tetapi sosok paling jujur. Beliau tidak sekedar pemberani, tetapi sosok paling pemberani. Beliau tidak sekedar santun, tetapi sosok paling santun. Beliau tidak sekedar dermawan tetapi sosok paling dermawan. Beliau tidak sekedar fasih, tetapi sosok paling fasih. Beliau adalah nomor satu dalam setiap akhlak mulia.

Tidak ada satu akhlak mulia pun, melainkan Beliau-lah pemilik, predikat awalnya dan limit terpanjangnya. Beliau dikaruniai kesempurnaan manusiawi yang mutlak, yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT. menciptakannya dengan penuh keistimewaan. Allah SWT. memilihnya, mendidiknya, dan menghiasinya dengan sifat-sifat terindah. Semua itu agar Beliau menjadi teladan bagi umat manusia.

Risalah Nabi Muhammad SAW. Senantiasa Terjaga

Allah SWT. mewajibkan kepada Nabi SAW. ibadah-ibadah yang sebagiannya berat. Diantaranya ialah, shalat fardu lima waktu sehari semalam, yang waktunya ditentukan. 5 shalat ini dilaksanakan saat bermukim dan berpergian, sehat dan sakit, serta susah dan senang.

Selain itu ialah puasa fardhu yang dilaksanakan sebulan dalam setahun, terkadang dalam kondisi cuaca yang panas, fakir, lapar dan haus. Selain itu ialah haji yang pelaksanaannya berasal dari berbagai penjuru bumi disertai beban safar, bekal, dan kendaraan.

Seandainya klaim kenabian adalah palsu dan Beliau sendirilah yang menggagas ibadah-ibadah tersebut bukan dari Allah SWT., niscaya akan lebih baik jika Beliau mempermudahnya, bagi para pengikutnya, agar memiliki daya tarik, karena tampak mudah. Misalnya dengan menjadikan shalat hanya sekali dalam sehari. Meniadakan Haji, Puasa hanya sehari dalam setahun atau lain sebagainya.

Akan tetapi Beliau tidak mungkin melakukannya, karena semua itu adalah kewajiban dan perintah dari Allah SWT. sepanjang hidupnya Beliau selalu komitmen menjalankan syiar-syiar agama tersebut. Begitu juga dengan para sahabatnya dan umat muslim setelah generasi mereka sejak 14 abad lamanya dan tersebar di berbagai penjuru bumi. Mereka melaksanakan dengan baik tanpa ada pengubahan atau penyelewengan, ini merupakan salah satu bukti terbesar yang menunjukkan bahwa kenabiannya adalah benar.

Nabi Muhammad SAW. Adalah Manusia Pilihan

Allah SWT. telah memilih Nabi Muhammad SAW. dari kalangan manusia tetapi manusia yang paling mulia dan paling agung. Dengan demikian Beliau pun hidup sebagaimana manusia pada umumnya, sakit sebagaimana mereka sakit, senang sebagaimana mereka senang, sedih sebagaimana mereka sedih, kenyang sebagaimana mereka kenyang, lapar sebagaimana mereka lapar, tertawa sebagaimana mereka tertawa, dan menangis sebagaimana mereka menangis. Beliau merasakan apa yang mereka rasakan dan hidup bersama mereka. Beliau menemani mereka dalam keadaan apapun agar menjadi sosok teladan.

Sisi manusiawi Nabi SAW. tampak begitu indah dan memukau. Beliau menjalani tahapan-tahapan hidup masa kecil yang bersih dan suci. Dan masa muda yang jujur dan setia. Beliau menggembalakan kambingnya, menyapu lantai rumahnya, memperbaiki sandalnya, menambal bajunya, membantu istrinya, dan melayani tamunya.

Beliau tertawa ketika suasana gembira sehingga memenuhi hidup dengan keceriaan, Beliau menangis ketika suasana sepi sehingga air mata menetes dan mengiris jiwa. Beliau berbicara dengan baik, berhukum dengan adil, berkhotbah dengan jelas, menasehati dengan lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *