Dakwah Nabi SAW. Kepada Seorang Arab Badui Dalam Perjalanan

AL HAKIM Abu Abdillah An Naisaburi meriwayatkan beserta sanadnya dari Ibnu Umar RA., Ia berkata, ketika kami bersama Rasulullah SAW. dalam perjalanan datanglah seorang Arab Badui.

Setelah mendekat, Rasulullah SAW. berkata kepadanya, “Mau ke mana kamu?”

“Pulang ke rumah,” sahutnya.

Beliau bersabda, “Maukah kamu menuju kebaikan?”
Ia balik bertanya, “Apakah itu?”

Beliau bersabda, “Kamu bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah semata-mata, tidak ada sekutu baginya dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Orang Badui itu berkata, “Adakah saksi atas apa yang engkau ucapkan?”

“Pohon ini,” jawab Beliau.

Rasulullah SAW. pun memanggil pohon tersebut, sedangkan pohon itu berada di pinggiran lembah. Maka datanglah pohon tersebut membelah bumi lalu berdiri di hadapan Beliau. Kemudian Beliau meminta kesaksiannya sebanyak tiga kali. Pohon itu pun bersaksi bahwa apa yang dikatakan oleh Nabi SAW. itu benar.

Setelah itu pohon tersebut Kembali ke tempat tumbuhnya semula. Ketika orang Arab Badui itu hendak kembali kepada kaumnya, Ia berkata, “Jika mereka mengikutiku, aku akan membawa mereka kepadamu. Namun jika mereka tidak mengikutiku, aku akan kembali kepadamu dan tinggal bersamamu.” [Sanad hadits ini Jayyid, namun para muhadits tidak meriwayatkannya beserta sanadnya dalam Kitab Hadits mereka juga tidak diriwayatkan oleh Imam Ahmad]. [Demikian dalam Kitab Al Bidayah Wan -Nihayah (6/125)].

[Haitsami (8/292) berkata: Diriwayatkan oleh Thabrani. Para perawinya adalah perawi Kitab Shahih. Diriwayatkan pula oleh Abu Ya’la dan Bazzar].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *