Dakwah Nabi SAW. Dalam Perjalanan Hijrah

Ahmad meriwayatkan beserta sanadnya dari Ibnu Sa’d RA. — Sa’d adalah orang yang menunjukkan jalan menuju Rakubah kepada Rasulullah SAW.

Ibnu Sa’d berkata, Aku diberi tahu oleh ayahku bahwa Rasulullah SAW. datang kepada mereka dengan disertai Abu Bakar RA. — Abu Bakar memiliki seorang anak perempuan yang dipersusukan kepada seorang perempuan di antara kaum kami. Sedangkan Rasulullah SAW. menginginkan jalan pintas menuju ke Madinah.

Lalu Sa’d berkata kepadanya, “Ini jalur Gha’ir dari Rakubah. Di sana ada 2 orang pencuri dari kabilah Aslam yang bernama Muhanan. Jika engkau mau, kita dapat melewati mereka.” Maka Rasulullah SAW. bersabda : “Bawa kami ke tempat mereka.”

Sa’d berkata, Kami pun berangkat sehingga ketika kami dapat melihat kedua pencuri tersebut dari atas bukit, salah seorang diantara mereka berkata kepada kawannya, “Lihat itu orang Yaman!”

Lalu Rasulullah SAW. berdakwah kepada mereka dan menawarkan Islam kepada mereka, maka mereka pun masuk Islam.

Kemudian ketika Beliau bertanya tentang nama mereka, mereka berkata, “Kami Muhanan (dua orang yang dihinakan).”

Maka Beliau SAW. berkata, “Bukan! Tapi kalian Mukraman (dua orang yang dimuliakan).”

Beliau pun menyuruh mereka agar datang menemui Beliau di Kota Madinah. — Lalu perawi meneruskan haditsnya.

[Haitsami 6/58, berkata: Diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad. Ibnu Sa’d namanya Abdullah, aku tidak mengenalinya. Sedangkan para rawi yang lain Tsiqat].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *